Ujian Nasional 2014

Ujian nasional 2014 tingkat SMA/SMK berlangsung mulai tanggal 14 sampai dengan 16 April 2014. Kita bisa menikmati susana hiruk pikuknya persiapan ujuan tersebut. dari pelaksana tingkat satuan pendidikan, distrik maupun kabupaten/ Kota. terlebih ditingkat pusat.
Banyak hal dilakukan untuk mencapai tingkat kelulusan ujian tersebut. Berbagai cara dari diupayakan. Merasa tertekan jika belum lulus, apakah semuanya harus lulus?
Lupa Lupa dan Lupa sering terjadi….
semua pihak coba mengoreksi diri dan hakekat pendidikan…
banyak pakar dibidang pendidikan, dan inilah hasilnya, hasil yang sekarang di rasakan dari pendidikan masa lalu.
dan pendidikan sekarang akan dirasakan untuk masa depan.
berangkat dari proses, dari soal, dari ujian, dari pemindaian, dari hasil kelulusan dan dari proses apalagi…
mari kita ingat kembali, dan koreksi untuk saya tentang hakekat pendidikan…
masih kita ingat bahwa bisa dikatakan tentang konsepsi pendidikan, tidak hanya melihat pendidikan itu sebagai upaya mencerdaskan semata (pendidikan intelek, kecerdasan), dalam hal ini dalam boso jowone ” ora mung ben pinter” karena banyak wong pintre malah podo minteri. Melainkan sejalan dengan konsep yang sejatinya tentang manusia dan hakekat eksistensinya. Maka, pendidikan harus diletakkan sebagai suatu pranata sosial, Oleh karena itu, pendidikan juga berupaya untuk menumbuhkan pemahaman dan kesadaran bahwa manusia itu sama di depan Allah dan perbedaanya adalah terletak pada kadar ketaqwaan masing-masing manusia, sebagai bentuk perbedaan secara kualitatif.
Semoga kita bisa menyikapi dengan bijak……
nuwun