biso amargo bioso, agawe becik perlu dipekso supoyo bioso

biso amargo bioso, agawe becik perlu dipekso supoyo bioso, sebuah ungkapan dalam boso jowo(memang di joowoake) dalam bahasa indonesianya bahwa: bisa karena terbiasa, untuk membuat kebaikan perlu adanya pemaksaan untuk berbuat baik.

setidaknya ada dua hal yang bisa diambil, yaitu kita bisa karena sudah biasa. Dinyatakan dsudah biasa pasti sudah pernah melakukan minimal sekali. Perlu adanya afirmasi atau perulangan terus menerus. Ketika kita mendidik anak kita untuk makan, ketika mereka masih kecil, pasti perlu pembiasaan agar makanan yang ada di tangannya masuk ke mulut dengan benar. Saat pertama anak kita berlatih makan, yakin pasti tidak bisa dengan benar. Setelah dilatih berulang ulang maka anak kita semakin baik semakin baik dan semakin benar dalam memasukkan makanan kedalam mulutnya.

Ini baru hal yang kecil dan sudah biasa, terlebih bagaimana membebtuk karakter anak kita, pasti perlu pembiassan dan perlu latihan yang kontinue. Skill yang hebat pasti terjadi dari latihan yang sangat luarbiasa. Sebagai orang tua perlu untuk memberi contoh suri tauladan, dan melaih kebiasaan kebiasaan baik, yang kian hari kian luntur dalam kehidupan kita saehari hari.

Perlu adanya pemaksaan sedikit agar bisa dan terbiasa. Perlu adanya keistiqomahan dalam menjalankan kebaikan kebaikan.  dalam pepatah al istoqomah khirun min alfi karomah, bahwa istiqomah/membiasakan diri dalam kebaikan adalah jauh lebih baik daripada seribu kemuliaan.

Semoga kita bisa meraih kemuliaan dengan memaksa dikit kebaikan dalam diri dan saecara istiqomah….

jumatberbagi—20des2013—