Masalah bagaikan telur, wortel atau kopi

masalah bagaikan telur, wortel atau kopi, disampaikan dalam parenting TK Khalifah 50 Semarang, tanggal 11 maret yang lalu. Semoga menginspirasi.
Alkisah, ada seorang pemuda yang datang kepada ibunya. dengan menyampaikan segenap permasalahan yang dihadapinya. Sang pemuda dengan penuh perasaan mencurahkan permasalahannya kepada sang Ibu. ia merasa penderitaan yang dialaminya merupakan masalah yang paling besar didunia ini.
sang ibu sambil mendengarkan pemda tadi sambil meneruskan pekerjaannya di dapur. Rupanya sang Ibu sedang memasak air. sambil menuangkan air kedalam kuali, sang ibu dengan penuh perhatian juga mendengarkan sang anak tadi. Tanpa sekatapun muncul dan dengan seksama mendengarkan cerita dari maslah sang pemuda tadi.
Tak lama setelah air mendidih, sang Ibu mengambil 3 buah gelas, kemudaian menuangkannya air mendidih ini kedalam 3 gelas tersebut. Setelah itu diambilnya sebuah telur dimasukkan kedalam gelas pertama, kemudian memasukkan wortel kedalam gelas kedua dan memasukkan secendok kopi kedalam gelas ketiga.
Sang ibu menuturkan “masalahmu itu bagaikan air mendidih ini nak, coba dilihat, telur yang encer dalamnya bisa berubah menjadi keras, wortel yang keras bisa berubah menjadi lembek, dan yang terakhir air ini bisa berubah menjadi harum baunya.

Masalah

masalah bisa mengubah kita menjadi keras, berontak dan tak mau menerima maslah itu terjadi. akhirnya tidak terselesaikan namun hanya kekerasan yang terjadi.
masalah bisa mengubah kita menjadi lembek, bagaikan wortel, kita jadi down, kita jadi frustasi yang berakibat tidak meu melakukan apapun. tidak punya semangat untuk menyelesaikan.
dan yang terakhir, masalah juga bisa mengubah dirikita menjadi harum, seperti kopi. Karena kita dengan bijak bisa menyesaikan masalah itu. karena kita bisa mengubah masalah menjadi harum, bagaikan bisa mengubah air mendidih menjadi hitam dan harum seperti kopi.

“bukan masalah yang mengubah kita, namun kitalah yang menyelesaikan masalah itu supaya kita menjadi harum”
berbuat baiklan nak dan terus berbuat baik semoga masalahnya kan segera terastasi satu persatu dan semakin harum dalam kehidupan kita nantinya….. jangan berontak karena masalah pasti akan datang, dan jangan down dan mengeluh, jadilah tegar untuk menyelesaikan maslah supaya kita jadi harum…..

semoga bermanfaat…