RSBI di bubarkan

RSBI dibubarkan, berikut baeriita dari Metrotvnews.com, yang memberitakan bahwasanya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menghargai dan menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghapus rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI).

MK mengabulkan para pemohon atas judicial review Pasal 50 ayat 3 pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) terkait RSBI.

Pada konferensi pers menanggapi putusan MK tersebut di Jakarta, Selasa sore (8/1), Nuh mengingatkan urusan kualitas pendidikan harus tetap menjadi ruh dunia pendidikan kendati label RSBI harus dihapus.

Untuk itu, ia mengimbau sekolah, guru, dan siswa yang bersekolah di RSBI tetap bersemangat dalam belajar dan memajukan pendidikan Indonesia.

Menyinggung konsekuensi dari putusan MK terhadap sekitar 1.300 RSBI yang ada, Nuh menyatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan MK.

“Kami akan berkoordinasi dulu dengan MK tentang apa saja yang menjadi detail keputusan itu dan dengan dinas pendidikan kabupaten dan kota untuk menindaklanjutinya. Ini bukan soal kalah dan menang,”tegasnya.

Menyinggung subsidi dana yang selama ini dikucurkan pada RSBI, ia mengatakan akan diubah menjadi hibah kompetisi yang terbuka bagi semua sekolah yang memiliki prestasi.

Wamendikbud Musliar Kasim menambahkan pihaknya juga akan berkonsultasi dengan DPR yang sebelumnya membentuk Panja RSBI

Nah sebagai insan pendidikan setidaknya tidak ada pengaruhnya dalam berkarya dalam meningkatkan pendidikan bangsa ini supaya lebih bermartabat, membentuk insan kamil, patuh pada Tuhan Yang Maha Esa.
Selamat buat guru mulia…….